MIN Kotabaru Melaksanakan Open Class Lesson Study

Sejak adanya Undang-undang No. 14 tahun 1995 tentang Guru dan Dosen, profesionalisme guru dan dosen semakin dikedepankan. Hal ini tak lain demi tercapainya keberhasilan peserta didik dalam proses pembelajaran. Berbagai pendekatan yang sudah disosialisasikan oleh pemerintah, telah dihimbaukan untuk diterapkan oleh para praktisi pendidikan. Semuanya bertujuan demi peningkatan mutu pendidikan di Indonesia, juga dalam rangka empowering para guru sesuai dengan bidang studi masing-masing.
Sebuah format atau kerangka baru dalam membantu para pendidik untuk meningkatkan profesionalisme mereka adalah Lesson Study. MIN Kotabaru selalu bertekad untuk meningkatkan kualitas para pendidiknya. Untuk itu, madrasah tidak ingin ketinggalan dalam menerapkan format Lesson Study ini secara mandiri.
Rangkaian kegiatan Lesson Study ini diawali dengan diadakannya Workshop “Lesson study” di Banjarmasin Kalsel baru-baru ini. Kemudian diadakan sosialisasi Lesson Study di MIN Kotabaru yang diikuti oleh seluruh guru MIN Kotabaru dan SDN 1 Stagen Kotabaru beserta kepala Sekolah/Madrasah serta dihadiri oleh Pengawas Sekolah dari Kemendikanas dan Kemenag.
Akhirnya pada hari Senin (12/11/2012) MIN Kotabaru melaksanakan Open Class Lesson Study. Kegiatan ini diawali dengan pemaparan singkat mengenai rambu-rambu observasi selama pelaksanaan pembelajaran (DO) yang disampaikan oleh Tim Pengembang Lesson Study dari Banjarmasin. Open Class dilaksanakan di kelas IV mata pelajaran Al Qur’an Hadis yang diampu oleh Yahya, S.Pd.I sebagai Guru Model. Jumlah Observer (Pengamat) kegiatan ini adalah 5 guru SDN 1 Stagen dan 4 guru MIN Kotabaru juga 2 orang Pengawas lingkungan Kemenag yakni Hj. Masunah, S.Ag dan Drs. H. Parhan.
Setiap selesai Open Class, Guru Model, para Pengamat, seorang Moderator dan Notulen (yang ditunjuk Madrasah) melaksanakan Tahap REFLEKSI. Tahap ini sangat penting sekali karena disinilah guru model dan pengamat saling mengungkapkan temuan-temuan dan kesulitan-kesulitan yang terjadi dalam proses pembelajaran yang terjadi di kelas. Dengan cara ini, guru model dan pengamat mencari alternatif solusi yang bisa dilakukan dan solusi-solusi ini akan dipakai untuk merevisi RPPyang sudah diterapkan di kelas Open Class tadi, sehingga nantinya bisa dipakai lagi untuk kelas yang lainnya.
Semoga rangkaian kegiatan Lesson Study yang sudah kita rencanakan ini bisa berjalan lancar dan bermanfaat bagi para pendidik, khususnya bagi peserta didik MIN Kotabaru.Amiin. Insyaallah.(Admin_MIN Kotabaru)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s