Manasik Haji Bertujuan membentuk CJH yang istitho’ah dan mandiri

Kotabaru-Krb- Ratusan orang calon jamaah haji yang telah masuk daftar kuota haji tahun ini mengikuti Manasik Haji Massal yang digelar oleh Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kotabaru, di Masjid Agung Husnul Khatimah, Kotabaru, Senin (02/07).
Dalam laporannya Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kotabaru Drs. H. Salman Basri, MM mengatakan bahwa dengan dilaksanakannya manasik haji ini, maka para calon jamaah haji Kabupaten Kotabaru berangkat dari Kotabaru menuju Embarkasi Banjarmasin di Asrama Haji Banjarbaru telah dibekali ilmu manasik haji untuk menunaikan ibadah haji di Tanah Suci. Kegiatan manasik ini dilaksanakan sebanyak 10 kali, untuk tingkat kabupaten sebanyak 4 kali dan tingkat kecamatan sebanyak 6 kali.
Lebih lanjut dikatakan Salman, para calon jamaah haji harus bersyukur karena dapat dipanggil untuk menunaikan Rukun Islam yang kelima pada tahun ini dan harus benar-benar mempunyai bekal yang banyak yaitu taqwa dan sabar, serta harus menguasai ilmu manasik haji yang kita dapatkan dalam bimbingan manasik haji nantinya.
“ Tujuan bimbingan manasik haji ini untuk memberikan bekal tentang penyelenggaraan ibadah haji, memberikan keterampilan dan kemampuan tentang pelaksanaan ibadah haji yang sesuai dengan buku manasik haji, memberikan pengetahuan, kemampuan tata cara kesehatan dan keselamatan dalam pelaksanaan ibadah haji, serta memberikan informasi, gambaran situasi dan kondisi yang akan dan kemungkinan terjadi baik selama di perjalanan ataupun selama di tanah suci dan dalam rangka membentuk jamaah calon haji yang istitho’ah dan mandiri,”.Ujar Salman.
Diakhiri laporannya Kepala Kementerian Agama Kabupaten Kotabaru juga menyampaikan peserta manasik haji yang masuk kuota 1433 H/2012 ini di ikuti sebanyak 235 orang CJH terdiri dari 97 CJHlaki-laki dan 138 CJH perempuan, dengan rincian Kecamatan Pulau Laut Utara 160 CJH, Pulau Laut Tengah 2 CJH, Pulau Laut Timur 5 CJH, Pulau Laut Barat 16 CJH, Pulau Sebuku 2 CJH, Pulau Sembilan 1 CJH, Kelumpang Utara 17 CJH, Kelumpang Tengah 16 CJH, Kelumpang Hilir 5 CJH, Kelumpang Hulu 2 CJH, Pamukan Selatan 4 CJH dan Kecamatan Sampanahan 2 CJH.
Sambutannya Bupati Kotabaru H.Irhami Ridjani yang di bacakan oleh Sekretaris Daerah H.Suriansyah mengatakan bahwa pada dasarnya manasik haji diadakan untuk memberikan pemahaman kepada calon jamaah haji tentang aspek-aspek ibadah haji dan dilaksanakan setiap tahunnya dengan harapan nanti ketika di Tanah Suci, para calon jamaah haji lancar dan tertib dalam melaksanakan semua ritual ibadah haji.
Sedangkan pelaksana dan pembimbing rombongan satu Drs.H.Salman Basri, pembimbing rombongan dua KH.A.Djailani Darmawan, pembimbing rombongan tiga KH.Muchtar Mustajab, pembimbing rombongan empat H.Mukhyar Darmawi dan pembimbing rombongan lima H.Muh.Mulkani AA, BA.
Pelaksanan manasik haji ini dihadiri pula Kepala Seksi bimbingan jamaah dan petugas dari Penyelenggaraan Haji, Umrah dan Zakat Wakaf Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Kalimantan Selatan H.Zainal Arifin, S.Ag, M.I.Kom, Kabag Kesra setda Kotabaru Drs.H.Zulkifli BT, Kepala Dinas Kesehatan Kotabaru, Kepala Bank BRI Kotabaru, Alim Ulama, Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kabupaten Kotabaru KH.Muchtar Mustajab, Tim Pemandu Ibadah Haji Indonesia (TPIHI) Drs.H.Suni, MM, Tim Kesehatan Haji Indonesia (TKHI) Ansarullah, S.Kep. (A2N)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s