Kemenag Kotabaru, Berharap Usia Lanjut Bisa Naik Haji

KOTABARU – Kasi Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kementerian Agama (Kemenag) Kotabaru, Drs H Syahruji, mengatakan kepada Radar Banjarmasin, Senin (05/03) kalau jemaah haji yang mendaftar, biasanya baru 10 tahun kemudian bisa berangkat, karena banyaknya kuota maka para peserta harus antri.

Dari itu, dia mengharapkan agar pusat seperti tahun kemarin, memberikan prioritas kepada calon jemaah haji yang berumur di atas 75 tahun agar bisa diberangkatkan meski belum tiba gilirannya. “Coba, kalau sekarang dia sudah berumur 75 tahun maka 10 tahun kedepan dia sudah berusia 85 tahun, bisa ga dia naik haji, ya?” ujarnya sangsi.

Meski diakuinya dengan umur setua itu maka para peserta bisa lebih rentan terkana penyakit. Dan penyakit yang paling banyak mendera adalah seperti jantung, darah tinggi, dan diabetes. Namun memang diantara beberapa penyakit itu yang berada pada peringkat atas adalah jantung. Tapi, ujarnya lagi, kalau para lanjut usia itu tidak segera berangkat maka 10 tahun kedepan, mereka mungkin sudah tidak bisa lagi.

Sementara itu, jumlah jemaah haji dari tahun ketahun terus mengalami peningkatan. Kalau tahun kemarin, katanya, ada sebanyak 216 orang, dan tahun 2012 ini ada sebanyak 240 calon jemaah yang mendaftarkan dirinya. “Yang tahun ini, mereka baru mendaftar, belum menyetorkan uangnya, dan besarnya biaya adalah Rp32 juta,” ujarnya menerangkan.

Para jemaah itu nantinya akan membayar di beberapa bank yang bekerjasama dengan Kemmenag Kotabaru, seperti bank BNI, BPD, dan BRI Syariah Mandiri. Namun itu tadi, para pendaftar biasanya baru bisa naik haji sekitar 10 tahun kedepan. Meski demikan, ujarnya, para peserta tetep banyak yang rela menyetorkan uangnya terlebih dahulu, meski belum tiba gillirannya berangkat.

“Ya, mau gimana lagi, memang dari tahun-tahun kemarin para peserta haji juga antri, yang cepat itu kalau kita umrah,” ujar Ati (50), warga desa Semayap Kotabaru. Dia juga menerangan bahwa sedari dulu sangat ingin berangkat haji, tapi tidak bisa, karena dari tahun ke tahun biaya berhaji semakin mahal saja. (mr-119/radar banjarmasin)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s