PEMBINAAN MUALLAF DESA PONDOK LABU KECAMATAN PAMUKAN SELATAN

Dalam rangka memberikan pembinaan muallaf Desa Pondok Labu, KUA  Kecamatan Pamukan Selatan bekerja sama dengan BAZ Kabupaten Kotabaru mengadakan kegiatan pembinaan muallaf di  Desa Pondok Labu. Kegiatan ini sebenarnya sudah berjalan tiap tahunnya satu kali di luar dari kegiatan rutin yang dilaksanakan Pembina muallaf dari desa setempat yang ditugaskan dan ditempatkan oleh Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kotabaru. Pada tahun 2012 ini kegiatan dilaksanakan pada hari Minggu 25 Maret 2012 bertempat di Masjid Al-Falah Biyuku Desa Pondok Labu.

Untuk kegiatan tahun ini pembinaan diarahkan pada pembelajaran bacaan Al-Qur’an. Belajar membaca dengan baik yang disertai dengan tajwid yang benar dan pengenalan lagu tilawah Al-Qur,an. Dibimbing oleh Herman Prasetyo, S.Ag pelaksana URAIS di Kementerian Agama Kabupaten Kotabaru.

Kegiatan ini bertujuan, di samping sebagai tali silaturrahmi dan perhatian dari Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kotabaru juga merupakan sarana pembelajaran dan pendidikan keagamaan dalam meningkatkan dan menambah pengetahuan masyarakat tentang keislaman. Sehingga nantinya bisa diharapkan masyarakat setempat khususnya para muallaf pengetahuan keagamaannya lebih memadai, setara dengan pengetahuan keagamaan yang dimilki pada umumnya oleh masyarakat yang bukan muallaf. Ada beberapa hal yang menjadi keinginan dan harapan para muallaf terhadap kegiatan ini. Pertama mereka mengharapkan kegiatan ini berkelanjutan tidak hanya dilaksanakan satu kali setahun saja tatapi dilaksanakan setiap bulannya. Karena menurut mereka pengenalan lagu tilawah Al-Qur’an sangat menarik dan menggugah perhatian serta tumbuhnya keinginan untuk mempelajari lebih dalam tentang cara membaca Al-Qur’an yang disertai dengan tajwid yang benar dan lagu tilawah yang menarik perhatian. Kedua, mereka mengharapkan adanya sarana pendukung dalam kegiatan ini, seperti buku-buku atau cd yang berisikan pelajaran-pelajaran dasar tentang lagu tilawah Al-Qu’an. Yang ketiga mereka minta diadakannya pelatihan khusus bagi para Pembina muallaf se Kabupaten Kotabaru dalam rangka membuat program pembelajaran tentang pendidikan para muallaf sehingga lebih terarah dan sepadan dengan daerah-daerah lainnya yang memiliki target dan capaian tiap tahunnya. (Redaksi Kir. KUA Kec. Pamukan Selatan)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s