PONDOK LABU SUKSESKAN MTQ NASIONAL TINGKAT KECAMATAN YANG KE-44

Sebagai salah satu Desa yang terletak  jauh dan berada di ujung perbatasan kecamatan Pamukan Selatan, Pondok Labu yang mayoritas penduduk aslinya muallaf dan berasal dari keturunan dayak pasir yang terkenal dengan sifat lugu dan malunya yang tertutup dengan lingkungan  dalam arti menutup diri dari pergaulan dengan orang lain,  ternyata pada tahun 2012 ini mereka memberikan kabar gembira, mereka menyatakan bersedia menjadi tuan rumah pada pelaksanaan MTQ Nasional Tingkat Kecamatan yang ke-44. Mendengar kesiapan dan kesanggupan serta keantusiasan mereka ini merupakan suatu kegembiraan dan kemajuan di bidang keagamaan, di mana dengan pelaksanaan yang diadakan di Desa Pondok labu tentunya akan memberikan kontribusi positip bagi kemajuan Desa Pondok labu dan juga syiar agama yang diharapkan dapat memberikan daya dorong dan semangat serta minat  dalam mempelajari tulis baca Al-Qur’an.

MTQ tingkat Kecamatan ini dilaksanakan selama 4 hari dari tanggal  16 sd 20 Februari 2012. Diikuti sebanyak 160 peserta yang terdiri dari berbagai Desa di Kecamatan Pamukan Selatan. Adapun cabang lomba dalam MTQ ini hampir semua cabang diperlombakan, kecuali ada beberapa cabang yang tidak diikut sertakan seperti cabang  tafsir,  fahmil Qur’an , Qira’at Sab’ah dan cabang  tartil  golongan tuna netra. Dengan alasan untuk cabang tafsir dan fahmil Qur’an serta qira’at sab’ah belum adanya kesiapan dan kesanggupan untuk itu, tetapi kedepannya nanti akan dicoba secara bertahap . Sedangkan untuk cabang  tartil golongan tuna netra, cabang ini dipandang sangat langka untuk diadakan dan mungkin dipandang ditiadakan lagi karena Alhamdulillah warga masyarakat pamukan Selatan terlahir dalam keadaan sempurna fisik tidak cacat.

Hasil  kejuaraan yang diperoleh pada MTQ ini untuk masing-masing cabang  sebagai berikut : Cabang Tilawah Dewasa Qari Juara I diraih oleh M. fajri , Juara II M. Solikin, juara III M.Ikhsan, yang mana ketiga orang ini masing-masing utusan dari Desa Pondok Labu. Sedangkan Qari’ah dewasanya untuk juara II nya diraih oleh halimah utusan Pondok  labu yang merupakan satu-satunya peserta Qariah tingkat dewasa. Adapun Tilawah remaja : juara I Qari ; Gazali rahman utusan Pondok labu, juara II ;Wahyu Hasmadi utusan Tg. Samalantakan, juara III; Irham utusan Pondok labu. Sedangkan Qariah remajanya adalah : juara I; Ramlah dari Rampa Cengal, juara II; Rosita dari Pondok labu, juara III; sri Haryati dari Pondok labu. Untuk Tilawah anak-anak Qari juara I diraih oleh Imam H. soleh utusan Pondok labu, juara II ; M. alfian dari Tg. Samalantakan, juara III ; ahmad Husairi dari Tg. Samalantakan. Sedangkan Qariah tilawah anak-anak untuk juara I diraih Husaini dari Sesulung, juara II raudatul jannah dari Tg. Samalantakan,dan  juara III diraih oleh sabriah dari Tg. Samalantakan.

Untuk cabang Tahfizh , I juz  hafizh juara I diraih oleh M. Irfan dari Tg. Samalantakan, juara II M. Jodi dari Tg. Samalantakan, juara III M. Jamhari dari Tg. Samalantakan. Sedangkan hafizhah I juznya juara I diraih oleh Hairani dari Tg. Samalantakan yang merupakan satu-satunya hafizhah  peserta tahfizh I juz. Sedangkan  5 juznya, hafizh juara I diraih oleh Haris Munandar sedangkan hafizhahnya juara I diraih oleh Erma Dana S yang masing-masing berasal dari Tg. Samalantakan.

Cabang Tartil  Qari juara I diraih Abdul Khafi dari Tg. Samalantakan,jura II Muhlis adi dari Tg. Samalantakan, juara III Syaifullah dari Rampa Cengal. Sedangkan Qariahnya, juara I ; Ratna wati, juara II Aisya Rusmini keduanya dari Rampa Cengal, juara III diraih Ameliani dari Tg. Samalantakan.

Cabang khatil qur’an juara I diraih Heriansyah, juara II Sri Hardiana keduanya dari Pondok labu, juara III sahdat dari Sesulung. Cabang puitisasi putra juara I diraih M. Dedy S. dari Tg. Samalantakan, juara II depasari E Bosa dari pondok Labu, juara III M. Syahril dari rampa Cengal, sedangkan puitisasi putrinya juara I, Nila Karnia dari Tg. Samalantakan, juara II Nindarti dari Pondok labu, juara III Yuyun Purnawati dari pondok Labu. Cabang Rebana juara I diraih oleh grouf al-Azkiya dari Tg. Samalantakan, juara II grouf al-Muhajirin dari Pondok Labu, juara III grouf al-Ikhlas dari Sesulung.

Cabang pidato putra juara I diraih M. Dedy dari Tg. Samalantakan, juara II M. Syahril dari Rampa Cengal, juara III Gazali Rahman dari Pondok labu. Sedangkan pidato putri juara I, Supratini dari sesulung, Mega Lestari dari Tg. Samalantakan, juara III diraih mindarti dari Pondok Labu.

Dari perolehan hasil kejuaraan tersebut Pondok Labu disamping sukses dalam pelaksanaan sebagai tuan rumah juga sukses dalam menyiapkan peserta dan meraih juara umum pada MTQ tingkat kecamatan di Pamukan  Selatan. Terima kasih pondok labu, teruslah maju semoga prestasi selalu menyertaimu. (Sumber KUA Kecamatan pamukan Selatan)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s