PEMBUATAN PASPOR HAJI TAHUN 2011

Dalam rangka memberikan pedoman serta kemudahan pelayanan dokumen perjalanan bagi jemaah haji telah diterbitkan Peraturan Direktur Jenderal Penyelenggaraan Haji dan Umrah No.D/05/2011 tentang Pengurusan Dokumen Perjalanan Ibadah Haji dan Peraturan dan Peraturan Direktur Jenderal Imigrasi No. IMI-1081.IZ.03.10 Tahun 2011 tentang Penerbitan Paspor Biasa Bagi Jemaah Haji, maka mulai tanggal 1 Juni 2011, jemaah haji yang masuk kuota tahun 1432H/2011M sudah dapat memproses penerbitan paspor. Adapun paspor yang digunakan oleh jemaah haji adalah paspor 48 halaman, dimana pengajuannya dapat dilakukan secara perorangan atau rombongan yang dikoordinir oleh Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi atau Kementerian Agama Kabupaten/Kota dengan Kantor Keimigrasian setempat. Bagi jemaah haji yang telah memiliki Paspor dan masih berlaku paling sedikit 6 (enam) bulan terhitung pada saat hari keberangkatan, Paspor tersebut dapat dipergunakan.

Biaya penerbitan paspor biasa bagi jemaah haji tahun 1432H/2011M menjadi tanggung jawab Kementerian Agama dengan menggunakan dana optimalisasi setoran awal BPIH, sedangkan bagi jemaah haji khusus menjadi tanggung jawab yang bersangkutan. Agar proses pembuatan Paspor berjalan dengan cepat dan lancar, maka diharapkan agar setiap jemaah haji dapat memperlengkapi segala syarat dan ketentuan yang telah ditetapkan, seperti:

1. Kartu Tanda Penduduk (KTP) yang masih berlaku;

2. Kartu Keluarga (KK);

3. Akte/Surat kelahiran atau surat nikah atau ijazah atau surat keterangan Kepala Kantor Kementerian Agama di Provinsi/Kabupaten/Kota setempat dan Direktorat Pelayanan Haji Direktorat Jenderal Penyelenggaraan Haji dan Umrah yang berisi Identitas jemaah haji;

4. Surat rekomendasi Kepala kantor Kementerian Agama di Kabupaten/Kota setempat.

Bagi jemaah haji yang bekerja sebagai Pegawai Negeri Sipil (PNS), karyawan Badan Usaha Milik Negara (BUMN), dan karyawan swasta tidak perlu melampirkan surat rekomendasi dari pimpinan.

Khusus bagi calon jamaah haji yang berasal dari Kabupaten Kotabaru,pembuatan paspor dimulai awal bulan depan,tepatnya mulai 1 s/d 9 Juli 2011 dengan perincian hari tanggal sesuai dengan jadwal antrian pembuatan paspor yang sudah disepakati antara kantor Kementerian Agama khususnya Penyelenggaraan Haji dan Umrah dengan Kantor Imigrasi Kotabaru,adapun jumlah jamaah haji yang termasuk dalam pembuatan paspor sebanyak 200 orang calon haji sedangkan yang sudah memiliki paspor 17 orang calon haji.(Siskohaj Kamenag Kotabaru)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s